Sinergisitas Masyarakat Dan Polri Bersama Menjaga Pluralitas Kebangsaan


Diskusi Kita Indonesia diAlia Cikini pada 25 Agustus 2017.
Piuralitas agama. budaya. ras, bahasa, dan adat istiadat yang dimiliki bangsa Indonesia. jelas merupakan kekayaan spiritual yang tidak ternilai untuk toms dilestarikan dalam kehidupan bermasyarakat dewasa ini. Di satu sisi, pluralitas bisa dimaksimalkan sebagai kekayaan untuk membangun keadaban bangsa, sebagai sarana untuk menyirami kerukunan dan harmonitas sosial.

Pluritas sering kali dijustitikasi sebagai faktor penghambat dan penghalang kita untuk dapat saling bekerja sama dan berbagi kebahagiaan dengan mereka yang berbeda. Pada kenyataannya, oleh sebagian kelompok masyarakat.

perbedaan ini ini justru dianggap sebagai suatu ancaman serius bagi keberadaan dan keberlangsungan hidup kelompoknya.

Kepentingan bersama sebagai bangsa harus diletakkan di atas kepentingan kelompok. apalagi yang bersifat pragmatis, atau sekadar untuk meraih kekuasaan yang sesaat. Upaya ini merupakan sikap yang tak dapat ditawar~tawar lagi. Dalam konteks historis bangsa indonesia di atas, keberagamaan substansiaI-pluraiis dart umat beragama terlihat jelas dan transparan.

Pemahaman terhadap kepekaan masing-masing dari kita menyangkut kecintaan serta ikatan batin dengan “panutan”-nya. Untuk itu, umat beragama seyogyanya tidak terpengaruh oleh sejarah konflik yang pemah terjadi di dunia luar.

Disamping itu peran aparatur dalam membina harmonisasi juga sangat diperlukan guna selalu memupuk saling menghormati dan menghargai satu sama lain ditengantengah kemajemukan dan cara yang efektif saiah satunya adalah membangun sebuah dialog yang masuk ke dalam Iiving human documents, hingga mempercakapkan persoalan kemanusiaan manusia melalui bahasa agama yang mampu mengangkat mereka.

Polri sebagai salah satu elemen pemerintah sangat cocok untuk membina masyarakat untuk selalu menjaga kondusifltas kemasyarakatan datam rangka menjaga persatuan dan kesatuan bangsa karena polisi merupakan aparat yang paling dekat dengan masyarakat.

Disamping itu. selain menjaga kondusifitas kemasyarakatan, polisi juga memkukan penegakan hukum dengan wewenang untuk menangkap, memeriksa dan
menggeledah, yang kesemuanya bersentuhan dengan hak-hak azasi manusia serta berkaitan pula dengan kepentingan masyarakat. Maka ketika ada kekurangan atau ketidakpuasan, polisi pun kerap menjadi sorotan. Semua ini membuktikan bahwa tugas yang diemban polisi itu memang sangat berat dan sangat kompleks serta membutuhkan jiwa besar dan sikap profesionalisme yang handal serta perIu dukungan semua elemen masyarakat.

Selain itu, adanya SAHABAT POLISI juga tidak terlepas dari tantangan yang dihadapi Polri ke depan boleh jadi kian berat dan beragam coraknya, selain untuk memberikan solusi yang kontruktif, kami juga akan terus menggalang dukungan agar polisi selalu disayangi dan deket dengan masyarakat hal ini dikarenakan polisi adalah penjaga pembina Kamtibmas dengan segala keterbatasan manusia.

Pra Launcing SAHABAT POLlSl kami menghimbau agar sama-sama kita jaga dan dukung setiap langkah Polri agar selalu handal dalam setiap penegakan hukum demi menjadi negara yang beradab dan yang lebih panting kita semau menjadi mitra bersama guna menjaga kedamaian diantara kita dengan memikirkan kondisi masyakat dan menjaga NNRI.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sophie Martin Plaza Semanggi Keren

PT Bintang Anugerah Kencana Sebagai Distributor Nasional Indonesia Yang Ditunjuk Oleh F-Secure

Familiar Song Gerald Situmorang